Kerjasama dengan Investor Asal Belanda

Kunjungan 2 hari Oryon Watermill, sebuah perusahaan pembangkit listrik dari Belanda ke Sumatera Barat, dalam rangka penjajakan investasi di sektor energi terbarukan.

Badan usaha dari negeri kincir angin ini memiliki teknologi turbin air head rendah (low head turbine) yang telah diaplikasikan di beberapa negara Eropa dan Afrika. Jenis turbin ini juga cocok diaplikasikan di Sumatera Barat yang memiliki banyak potensi sungai. Teknologi Oryon Watermill ini juga direncanakan untuk diaplikasikan di daerah kepulauan Mentawai, baik di sungai maupun di laut.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut pertemuan bapak Gubernur dan Wakil Gubernur dengan pihak Oryon Watermill di Jakarta pada tanggal 16 Mei 2022 yang lalu. Diharapkan dari rencana penanaman modal asing ini, potensi sumber daya alam Sumatera Barat khususnya hydro powerplant, dapat dikembangkan dan berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat. Dan juga sekaligus meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan pada bauran energi (energy mix) Sumatera Barat yang saat ini sudah mencapai 28.17%. Di samping juga percepatan capaian net zerro emission CO2 sebelum tahun 2060.

Share Berita :

Album Foto

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...