WORKSHOP INTERNATIONAL CENTER FOR HYDROPOWER DENGAN TEMA “HYDROPOWER DEVELOPMENT AND MANAGEMENT”

International Centre for Hydropower, Norwegia (ICH) bekerjasama dengan Universitas Bung Hatta dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Barat mengadakan workshop dengan tema Hydropower Devolopment and Management. Workshop yang direncanakan berlangsung dari 6 hingga 10 Mei 2024 diikuti oleh berbagai instansi dan pelaku usaha seperti Dinas ESDM dan UBH sebagai tuan rumah, Tamaris Hydro, PLN dan Universitas Andalas.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas ESDM diwakili Kepala Bidang Energi dan Ketenagalistrikan (Inzuddin) berharap melalui workshop ini terjadi proses transfer pengetahuan di bidang pengelolaan energi air yang akan menciptakan sumber daya manusia yang paham akan pengoperasian dan pemeliharaan unit pembangkit sehingga meningkatkan usia pakai komponen-komponen dan infrastruktur pembangkit dimaksud. Pemanfaatan sumber daya alam melalui energi air ini merupakan kegiatan pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan yang akan berpengaruh pada penurunan penggunaan energi fosil serta pencapaian tujuan maksimalisasi pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan menjaga kelestarian alam. Dinas ESDM mengirimkan 5 orang personil teknis untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan di bidang pembangkit listrik tenaga air, khususnya dalam pengembangan dan manajemen hydropower.
ICH adalah pusat pengembangan kapasitas sumber daya manusia bertaraf internasional yang berfokus pada penyediaan transfer pengetahuan melalui program pelatihan, lokakarya, seminar dan konferensi yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi di sektor energi dan mendorong pembangunan pembangkit listrik tenaga air yang berkelanjutan. Sejak tahun 1995, ICH telah mengembangkan dan melaksanakan program-programnya secara mandiri maupun bermitra dengan organisasi lain.
Universitas Bung Hatta dan Dinas ESDM telah melaksanakan Workshoop dibidang pengembangan Hydropower ini sebanyak 3 kali (secara online dan offline) yang disupport penuh oleh ICH

Share Berita :

Album Foto

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...